PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengertian
Nama lain dari perangkat lunak adalah
software. Seperti nama lainnya itu yaitu software, sifatnya pun berbeda dengan
hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata
yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia , maka software atau perangkat
lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak
tampak secara fisik dan tidak berwujud benda teapi kita bisa mengoperasikannya.
Pengertian software komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan itu dapat berupa program atau intruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu
komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Komputer merupakan
mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di gunakan
orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang
menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak.
Bentuk terkecil dari perangkat lunak
adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari
operasi dasar ini di susun program / perangkat lunak. seleksi
Tingkat pemrosesan yang di
kerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti
human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari
data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu
yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis
dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan
knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
Dari perkembangan perangkat lunak, kita
bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat
lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak,
menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit
(bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat
menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4
bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke
dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika,
operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal
sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena
tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya
yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman
tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan
perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks,
dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan
orang dalam pembuatannya.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah
banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi
juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak
bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari
ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah
perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah
seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah
perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan
jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi
kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak
sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di
gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis
kecerdasan buatan.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di
mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah
komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di
sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon,
TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak
untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap
peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi
telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang
melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang
di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak secara umum
dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman (programming language)
Merupakan perangkat
lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang
manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer. Perangkat lunak bahasa
yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis
dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu,
agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman yaitu:
- Bahasa
Tingkat Rendah
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler) dimana pengkodean bahasanya
menggunakan kode angka 0 dan 1.
- Bahasa
Tingkat Tinggi
Bahasa Ini termasuk dalam bahasa
pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan
bahasa inggris.
Contoh:
BASIC, COBOL, PASCAL, C++, FORTRAN
- Bahasa
Generasi Keempat
Merupakan bahasa yang beroriaentasi pada
objek yang disebut object oriented
programming (OOP). Contoh
software ini adalah: Visual Basic,
Delphi.
2. Sistem Operasi
Operating sistem adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan
sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur media input, output, tabel
pengkodean, memori, penjadwalan processor dan lain-lain.
Sistem operasi berfungsi
sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak
yang akan digunakan.
Adapun fungsi utama sistem
operasi adalah:
-
Menyimpan
program dan aksesnya
-
Membagi
tugas di dalam cpu
-
Mengalokasikan
tugas-tugas penting
-
Merekam
sumber-sumber data
-
Mengatur
memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
-
Memeriksa
kesalahan sistem
-
Memelihara
keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan id
Saat komputer
pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan,
sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur
proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke
peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB
OS/2, Apple’s System 7.
3.
Utility
Sistem operasi
merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan
perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan
rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag). Contoh
software ini : Norton Utility, Winzip,
Norton Ghost, Antivirus.
Aplication programs adalah
perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya
program pengolah kata, mengelola lembar kerja program presentasi, design
grafis, dll.
Perangkat lunak aplikasi
merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus
berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses
kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database
(DBASE), dan hiburan (game). Pada
perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi
aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti
akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah
Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel),
Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan
internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik
berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk
menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk
browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus
di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar
struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan
visualisasi persamaan matematis).
0 komentar:
Posting Komentar