Jumat, 30 Maret 2012

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT WIFI-HOTSPOT


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT WIFI-HOTSPOT

            Hotspot atau tempat yang menyediakan layanan akses Internet dengan menggunakan wireless memang sudah sangat banyak. Mulai dari cafe, restoran, sampai hotel pada umumnya menyediakan layanan Internet tanpa kabel ini. Hal ini disebabkan banyaknya perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi wireless, sehingga tren penggunaannya pun semakin tinggi. Sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana cara membangun infrastruktur Wi-Fi. Kurangnya informasi dan mungkin harga yang agak mahal membuat banyak pemilik tempat usaha enggan untuk membangun hotspot. Padahal, adanya hotspot ini sangat berpotensi untuk menambah daya tarik dan juga bisa menambah penghasilan dari tempat itu sendiri.
            Makalah ini akan membahas hal-hal penting yang perlu diketahui untuk menyediakan layanan hotspot. Hal yang dibahas memang relatif sederhana sehingga bisa diikuti oleh pemula sekalipun (asalkan sudah memiliki dasar-dasar jaringan).
1. Menentukan konsep hotspot
            Konsep hotspot ini merupakan awal yang sangat penting untuk ditentukan. Apakah hotspot yang nantinya akan dapat digunakan secara gratis atau harus membeli voucher tertentu? Kita harus menentukan hal dasar ini terlebih dahulu karena akan menyangkut perencaaan infrastruktur hotspot itu sendiri.
            Alternatif yang biasa dipilih adalah memberikan waktu trial khusus secara gratis selama beberapa waktu (satu atau dua bulan pertama). Selanjutnya, pengunjung harus membayar atau membeli voucher sebelum bisa mengakses hotspot Kita. Kadang kala, ada beberapa tempat yang memang sengaja memberikan layanan Wi-Fi hotspot secara gratis. Namun, Kita harus berbelanja (atau memesan makanan) selama mengakses hotspot tersebut.

2. Akses Internet yang cukup cepat
            Hal pertama yang harus dimiliki adalah akses Internet. Akses Internet ini pada umumnya menggunakan layanan broadband dengan kecepatan yang cukup tinggi (128 Kbps atau lebih), tergantung target jumlah pengunjung yang akan mengakses layanan hotspot ini.
3. Membuat hotspot tanpa billing
            Bagian ini akan membahas singkat mengenai cara pembuatan hotspot gratis (tanpa sistem billing tertentu). Secara umum, sistem hotspot gratisan tidaklah berbeda jauh dengan sistem Wi-Fi di rumah yang saat ini mulai banyak digunakan. Kita hanya perlu beberapa alat untuk membuat jaringan seperti ini.
            Alat pertama yang harus kita miliki tentunya adalah modem. Modem ini harus disesuaikan dengan jenis koneksi Internet yang kita gunakan (ADSL, Cable, dan lainnya).

 
Router Wireless In Door                                                              Router Wireless Out Door
            Selanjutnya, kita juga harus memiliki sebuah router yang akan berfungsi sebagai gateway. Router inilah yang akan mengatur semua koneksi dari client ke Internet. Sebaiknya, kita membeli router yang telah dilengkapi dengan fungsi Access Point terintegrasi. Jika kita membeli router yang tidak memiliki fungsi Access Point, maka kita juga harus membeli Access Point terpisah.
4. Membuat hotspot dengan billing

            Membuat hotspot dengan billing memang lebih rumit dibandingkan dengan tanpa billing. Sistem yang umum digunakan adalah dengan menggunakan voucher generator yang secara otomatis akan dibuat oleh sistem. Hampir semua vendor wireless besar sudah memiliki sistem ini. Sistem ini umumnya bisa bekerja secara independen. Ia memiliki fungsi router/gateway dan juga Access Point (kita tetap harus membeli modem). Sistem billing dan voucher generator-nya telah terintegrasi. Biasanya, ia juga memiliki keypad (untuk menentukan jumlah voucher yang dibeli) dan printer (untuk mencetak voucher). Sistem ini hanya perlu dikonfigurasi saat awal via PC, selanjutnya semua operasi sistem bisa bekerja secara independen. PC hanya dibutuhkan untuk melakukan perubahan konfigurasi saja.
5. Konfigurasi akses Internet
            Infrastruktur jaringan yang harus dibuat pada dasarnya cukup sederhana. Dasarnya, untuk koneksi ke Internet akan dibutuhkan modem. Dari modem, koneksi akan dimasukkan ke router atau gateway. Selanjutnya, dari router koneksi baru dibagi ke client via koneksi kabel ataupun wireless (via Access Point). Hampir semua alat sejenis bisa dikonfigurasi via jaringan dari PC client. Syarat utamanya adalah IP dari client harus satu segmen dengan IP dari perangkat yang ingin dikonfigurasi. Kita bisa mencari informasi ini di buku manual perangkat .
            Proses konfigurasi awal yang biasanya harus dilakukan adalah melakukan koneksi ke Internet via modem. Salah satu port pada router (port WAN) biasanya harus dihubungkan ke modem. Selanjutnya, proses konfigurasi biasanya dilakukan via interface web based yang disediakan oleh router kita.
6. Masalah DHCP server
            Setelah jaringan sukses terkoneksi, maka kita harus mengaktifkan DHCP server. DHCP server ini berguna untuk memberikan IP secara otomatis kepada setiap user. Cara ini memudahkan pengunjung untuk mengakses hotspot kita (khususnya untuk sistem free tanpa login). Namun, cara ini bisa juga memberikan lubang keamanan karena kita lebih sulit untuk mengendalikan pengunjung yang mengakses hotspot.
Menurut CHIP, jalan terbaik sebenarnya tergantung kita sendiri. Untuk kita yang menerapkan sistem free (tanpa voucher), tidak mau repot dengan pengaturan IP, dan tidak keberatan hotspot diakses oleh banyak orang, maka mengaktifkan DHCP adalah jalan terbaik. Batasi jumlah client yang akan diberikan IP oleh DHCP (misal 10 client).Dengan begitu, jumlah pengunjung yang bisa mendapatkan IP hanya maksimal 10 client saja.        
            Jika kita mau lebih selektif, maka DHCP boleh dinonaktifkan. Setiap user yang akan mengakses hotspot harus terlebih dahulu meminta informasi alamat IP dari kitaselakupemilik hotspot. Bagi kita yang menerapkan sistem login/voucher, maka DHCP server boleh diaktifkan. Soalnya, user tidak akan bisa mengakses Internet tanpa username dan password yang benar dari voucher, walaupun ia telah mendapatkan IP dari DHCP server.
7. Memantau statistik user
            Hal ini hanya perlu dilakukan oleh kita yang menggunakan sistem login. Masuklah ke router dan cari menu “Account Table” atau sejenisnya. Di sana, kita bisa menemukan username dan password yang di-generate oleh sistem.
Informasi yang lebih detail seperti lama login, sisa waktu login, dan jumlah uang yang dibayarkan juga bisa dilihat. Pastikan saja bahwa tidak ada kejanggalan di sini. Setiap kejanggalan sebaiknya segera diperiksa lebih detail.
8. Enkripsi yang tepat
            Jaringan wireless tanpa enkripsi sangatlah tidak aman. Oleh sebab itu, aktifkan fungsi enkripsi setidaknya WEP 64 atau 128 bit. Perlu diperhatikan bahwa dengan aktifnya enkripsi maka proses zero configuration akan sulit untuk dilakukan. User harus memasukkan enkripsi yang sesuai sebelum bisa login ke dalam hotspot.
9. Client yang ingin mengakses
            Tidak semua client memiliki kepandaian yang setara. Apalagi untuk kawasan hotspot yang tidak zero config (membutuhkan pengaturan/konfigurasi tambahan). Oleh karena itu, kita selaku pemilik hotspot harus bisa menyediakan informasi yang jelas agar user bisa login dengan mudah. Beberapa konfigurasi pengaturan seperti alamat IP (untuk hotspot tanpa DHCP server), metode enkripsi, sampai pemilihan Access Point (untuk area yang memiliki beberapa hotspot), harus diinformasikan dengan jelas kepada calon pengguna. Setidaknya, kita menyediakan satu atau dua petugas yang mengerti teknis konfigurasi client hotspot. Konsumen yang kecewa dapat dengan mudah meninggalkan tempat kita dan mencari hotspot lain yang lebih informatif.
KNOW HOW
Ø  Walled Garden: Alamat web yang dapat diakses secara gratis tanpa perlu menggunakan login yang biasanya tersedia pada voucher. Kita bisa menentukan beberapa alamat web yang bisa diakses secara gratis tanpa perlu login. Tujuannya adalah agar calon pengguna bisa mencoba kecepatan akses hotspot terlebih dahulu.
Ø  Landing Page: Halaman depan sebuah Hotspot. Hotspot yang baik seharusnya dikonfigurasi agar menampilkan halaman ini secara otomatis jika terjadi kesalahan login atau login tidak dikenal. Halaman ini merupakan halaman awal yang muncul sebelum menggunakan hotspot.
Ø  Voucher: Kartu yang berisi data login dan informasi konfigurasi jaringan untuk mengakses Internet dalam jangka waktu tertentu.
SMCWHSG44-G dan SMCWHS-POS
Hotspot gateway dari SMC
            Hotspot gateway tersebut terdiri dari dua alat, yaitu SMC EliteConnect SMCWHSG44-G (broadband router dengan fungsi hotspot) dan SMCWHS-POS (POS printer untuk mencetak voucher).Kita juga akan mendapatkan sebuah keypad numerik yang nantinya digunakan untuk memasukkan nilai voucher yang ingin dicetak berdasarkan lama online.
            Kedua perangkat tersebut bisa bekerja tanpa membutuhkan peralatan tambahan lain. Namun, proses konfigurasi awal membutuhkan PC yang terkoneksi ke perangkat SMCWHSG44-G. Setelah proses konfigurasi selesai, perangkat ini bisa bekerja secara mandiri.
Instalasi relatif mudah
            Proses instalasi awal memang agak sedikit membingungkan. Kita  akan memperoleh sebuah router, POS printer, dan numeric keypad. Interkoneksi antar ketiga modul ini juga tampak sedikit rumit. Namun, SMC tampaknya sudah mengantisipasi hal ini. Sebuah diagram yang lengkap disediakan dalam buku manual SMC. Dengan adanya diagram ini, proses instalasi kabel antarperangkat bisa dilakukan dengan sangat mudah.
            Setelah selesai melakukan instalasi kabel, proses selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi router. CHIP menggunakan sebuah PC yang terhubung langsung ke port pada router. Setelah menyamakan segmen IP, maka proses konfigurasi bisa dilakukan dengan mudah. Seperti juga kebanyakan perangkat sejenis, SMC menyediakan pengaturan berbasiskan web based management. Artinya, kita bisa melakukan pengaturan dengan mudah menggunakan browser.
Pengaturan menjadi kunci
            Proses pengaturan akan memegang peranan penting. Tanpa proses pengaturan yang benar, bisa jadi hotspot tidak bekerja maksimal. Pengaturan pertama yang harus lakukan adalah mengatur konfigurasi Internet. SMC mendukung penggunaan gateway sampai dengan empat buah jalur koneksi (router ini menyediakan total lima port switch). Kita bisa memilih untuk menggunakan satu sampai empat buah gateway yang mendukung fungsi load balancing (berdasarkan port maupun alamat IP).
            Pengaturan lanjutan yang juga harus dilakukan adalah pengaturan keamanan. Kita harus mengatur enkripsi login dan enkripsi untuk koneksi (WEP atau WPA). Pengaturan terakhir adalah untuk menentukan harga sewa dari hotspot . Harga sewa ditentukan per unit. Sementara itu, setiap unit memiliki durasi waktu tertentu. Semuanya bisa diatur dari interface web router ini.
            Setelah proses konfigurasi selesai, maka sistem akan otomatis meminta kita untuk melakukan restart router. Klik tombol “Restart” dan tunggu sekitar 10 detik sampai sistem menampilkan kembali layar login.
Tahap uji coba
            Setelah semua proses konfigurasi selesai, maka sudah siap untuk mencoba hotspot. Cara mencetak voucher sebenarnya sederhana saja yaitu mengetikkan jumlah unit pada keypad numerik yang disediakan. Misalkan, mengetikkan angka “0”, “2”, dan “Enter”, maka voucher akan dicetak dengan nominal dua unit. Waktu per unitnya merupakan waktu yang telah kita tentukan sebelumnya. Nominal harga per unit yang tercetak juga sudah ditentukan dalam pengaturan sebelumnya. Sebagai tambahan, alat ini juga akan mencetak konfigurasi jaringan yang harus diatur oleh calon pengguna pada notebook/PDA-nya.

CARA MEMBUAT HOTSPOT UNTUK JARAK 100M

Perangkat yang dibutuhkan:
1. Router (1 buah)
2. Access Point/AP (min. 4 buah)
3. Modem (optional)
4. Kabel UTP secukupnya

            Router dibutuhkan sebagai server DHCP, Packet filtering dan gateway internet menuju modem. Untuk jangkauan 100m dibutuhkan min. 4 buah AP. Karena jangkauan 1 buah AP 802.11 a/b/g hanya sampai kira-kira max. 30m (tanpa penghalang dinding padat/beton) dan jangkauan antar AP harus saling tumpang-tindih(overlapping) satu dengan yang lain. Modem disesuaikan dengan jenis koneksi internet DSL/3G/HSDPA/HSUPA/EVDO). Kabel UTP digunakan untuk menghubungkan antara Router dengan modem.
            Semua AP harus disetting dalam SSID (Nama jaringan wirelessnya) yang sama namun dengan channel yang berbeda. Dan semua AP harus berada ada mode yang sama 802.11 a/b/g (pilih salah satu)
            AP indoor bisa dipakai outdoor, namun dengan performa(sinyal, jangkauan dan ketahanan terhadap perubahan temperatur, kelembaban dan debu) yang jauh dibawah AP outdoor. Kalau mau awet Outdoor ya pake AP Outdoor.
            Alangkah lebih baik jika AP sudah mendukung teknologi PoE (Power over Ethernet) untuk memudahkan pengkabelan untuk kabel daya. Namun harga AP-nya akan jauh lebih mahal. Bayangkan AP berada 20m diatas anda, bagaimana anda menancapkan adaptor AP ke sumber daya? Dengan PoE semuanya jadi lebih mudah dan rapi tanpa kabel gulungan.

Menambah Jangkauan Sinyal Hotspot


Kita bisa menambahkan jangkauan hotspot dengan antena yang lebih kuat. Gunakan antena omni 24 dB. Cukup membantu tanpa harus melanggar aturan power wifi. Atau anda bisa menggunakan penguat sinyal (booster) harganya cukup mahal dan berpotensi melanggar aturan wifi.
Disamping itu kita juga bisa menggunakan alat-alat. Antara lain :

1. WAP (Wireless Access Point) bisa merk tplink, linksys, dsb
2. Hub/Switch
3. Antenna Omni 360 derajat
4. Kabel utp secukupnya
5. Dan koneksi internet (speedy unlimited)
Semuanya dengan asumsi client koneksinya menggunakan antenna. Dan daerah yang dimaksud tercover line speedy.

Kalau koneksi dengan kabel LAN yang harus sediakan :
1. WAP (Wireless Access Point) bisa merk tplink, linksys, dsb
2. Hub/Switch
3. Kabel utp secukupnya
4. Dan koneksi internet (speedy unlimited)
Dengan asumsi jarak dengan client tidak terlalu jauh.

            Kalau di daerah yang belum tercover jaringan speedy, untuk client mesti pakai antenna wireless. Dari sisi client, antenna yang cocok adalah antenna grid 2,4 ghz.Karena cakupan area nya -/+ 4 km. Dari sisi server menggunakan antenna omni. Dari sisi client yang belum ada jaringan speedy dari telkom, fungsi antenna nya bisa sebagai repeater.

Biaya Membuat Hotspot
            Dengan asumsi koneksi dengan  speedy, maka biaya yang akan diinvestasikan tergantung
paket apa yang digunakan.

Dengan estimasi sebagai berikut:
ü  Modem: Rp.50.000,- s/d Rp.300.000,-
ü  Router: ≥ Rp. 300.000,-
ü  Kabel UTP 4 buah Rp. 200.000,-
ü  Akses Point ± Rp. 200.000,-

Kira-kira ≥ Rp.1000.000,- total biaya yang harus untuk menyediakan peralatan  instalasinya.

Penutup
            Hotspot atau tempat mengakses Internet dengan menggunakan Wi-Fi memang bukan lagi merupakan barang baru. Tetapi apakah memang sudah saatnya usaha kita (restoran, kafe, atau toko buku )menyediakan layanan ini ?
            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyediakan layanan ini. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah target konsumen yang biasanya mampir ke tempat usaha kita. Jika selama ini tempat kita hanya dijadikan tempat “mangkal” orang-orang yang tidak terbiasa dengan peralatan ber-Wi-Fi, menyediakan hotspot tidak akan memberikan nilai tambah bagi pengunjung.
            Sebaliknya, bila pengunjungnya merupakan kaum eksekutif, maka menyediakan Wi-Fi akan memberikan nilai tambah yang sangat potensial. Tentunya bisa mendapatkan pemasukkan ekstra dengan menjual voucher hotspot. Pertimbangan lainnya adalah aspek ekonomis. Pengeluaran bulanan kita otomatis akan bertambah dengan adanya hotspot. Pemilihan jenis koneksi dan kecepatan yang tepat tentunya berperan untuk memberikan nilai ekonomis. Jangan sampai memilih koneksi Internet yang cepat dan mahal, tetapi tidak banyak digunakan oleh pengunjung (alias mubazir). Dari sisi pemasukan, kita bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan voucher yang dibeli oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung juga kemungkinan besar akan memesan makanan/minuman ekstra selama mengakses hotspot .

Referensi :

ü  http://www.laksanaindradjaja.com
ü  http://kusprayitna.staff.uii.ac.id/2010/02/18/membuat-jaringan-hotspot-dengan-mikrotik/
ü  http://www.kotainternet.com/peluang-bisnis-hotspot.html
ü  http://rainbow-fatimah.blogspot.com/2009/04/peralatan-membuat-hotspot.html

31 komentar:

dalcell mengatakan...

sangat bermanfaat gan..
saya rencana buat hotspot, kira2 kalau agan memandu saya untuk settingan sampai selesai agan minta berapa.. kontak saya via mail "dalamcell@rocketmail.com".
thank's..

Hamid yusron mengatakan...

sy ingin buka usaha wifi..seperti itu...tapi kecepatan 3g bts di wilayah saya sering lemot..apakah sy bisa meneruskan rencan usaha sya???bls di email sy yusron002@gmail.com .makasih.

Unknown mengatakan...

Perlu dicoba.

Unknown mengatakan...

Perlu dicoba.

Unknown mengatakan...

Bermanfaat

Unknown mengatakan...

Silahkan hubungin nmr in. Jika ada yang berminat pasang wifi. Dngn tower maka jarak berapapun dapat tercapai.
Ahmad.089660692443

Unknown mengatakan...

Silahkan hubungin nmr in. Jika ada yang berminat pasang wifi. Dngn tower maka jarak berapapun dapat tercapai.
Ahmad.089660692443

yosi mengatakan...

Daerah mn mas? Saya berminat mo buat hotspot

Anonim mengatakan...

Saya minat gan, boleh sharing gan... Ada contact yg bisa dihubungin gan...
chaidir43@gmail.com

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

CARA AWAL PEMASANGAN AMPE SELESAI TOLONG DI KE EMAIL ANE GAN .. JAVALLA8@GMAIL.COM ... ANE SUDAH PUMYA WIFI INDIHOME DI RUMAH ANE DNGN KECEPATAN 10MBPS ..TOLONG YA GAN

Unknown mengatakan...

CARA AWAL PEMASANGAN AMPE SELESAI TOLONG DI KE EMAIL ANE GAN .. JAVALLA8@GMAIL.COM ... ANE SUDAH PUMYA WIFI INDIHOME DI RUMAH ANE DNGN KECEPATAN 10MBPS ..TOLONG YA GAN

Ichal91 mengatakan...

Gan minta masukannya nih sy rencana mau buka hotspot wifi yang pake voucher blh ga di pandu cara masangnya ni email sy rm944623@gmail.com atau kontak sy 085340095552

Ichal91 mengatakan...

Gan minta masukannya nih sy rencana mau buka hotspot wifi yang pake voucher blh ga di pandu cara masangnya ni email sy rm944623@gmail.com atau kontak sy 085340095552

darusman mengatakan...

Gan saya punya hotel pengen pasang wifi kira2 paket apa yang cocok and berapa kira2 pebgeluaran per bulan untuk kuota datanya sms aja ke no 085221721989

Unknown mengatakan...

mantap infonya gan, boleh minta tutorialnya, bang. makasih

Unknown mengatakan...

Salam juga admin...saya spendapay dgan agan dalcell...
Sya brencana buat hotspot yg bs kluar daerah berkilo2...bs tolong bimbingan nya email : n4n4n9.blt@gmail.com

Unknown mengatakan...

Kira2 brapa modal awal boss dari "0"

Bagus Prasetyo mengatakan...

sangat bermanfaat, mas bisa bimbing/memandu sya untuk membuat usaha hotspot tersebut ?

Unknown mengatakan...

kalau untuk indie home , kira2 berapa biayanya gan?

danu mengatakan...

bagaimana caranya dan berapa biayanya ....081293930802

Unknown mengatakan...

Gimana cara Bikin Voucher nya Gan biar bisa work.. Ane kurang paham masalah Konfigurasi nya Mohon gan Email ane ntar kalo udah work ane siapa bayar gan amatsiwah1@gmail.com

Joe mengatakan...

sy berencana membuat rtrw net mohon info biaya perangkat & jasa settingnya ke alamat email binatarunamandiri@gmail.com

Herman mengatakan...

Mohon bantuannya gan saya mau membuat Hotspot pribadi sekalian untuk tugas akhir di kuliah nanti kalau bisa berhasil.
Niggal jejak WA 082137940513.
Untuk biaya admin kita urus gan

Unknown mengatakan...

perlu dicoba

Unknown mengatakan...

Gan saya punya usaha jual voucer wifi di rumah yang di pancarkan dengan bulet. Sekarang saya ingin melebarkancangkupan wifi lebih jauh dengan tp-link wa5210g. Bagaimana cara seting tp-link agar bisa terima dan sebar? Tolong di bantu gan

Gateway Pasteur Residence mengatakan...

Bisa ga bikin usaha jasa WIFI? Bisa hub saya di erwinsitompul6@gmail.com

KEPO mengatakan...

Untuk wilayah lombok Timur sakra barat yg jd tehnisi membuat hostpotan siapa sy mau pasang tlg don't I don't ask di zafranmaemus@gmail.com

Paipai mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yudah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yudah mengatakan...

bergabung membuka usaha bisnis vocher wifi ini sangat bermanfaat sekali namun ada kerumitan yang terjadfi bagi sy adalah langka langka ungtuk membuat templet vocher dan doctype pada html ini masi belum bisa ini jadi langka-langkanya bgimana ya membuata doc type ini?
thanks of the responce

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost